Solusi Pengiriman Email yang di Deferred Oleh Yahoo

Apa yang dimaksud dengan Email Deferred ketika mengirim email ke yahoo? email deferred yaitu email anda sedang dipending atau di tangguhkan dalam waktu tertentu. Biasanya ditangguhkan dalam waktu 24 jam hingga 48 jam.

sebagai contoh pesan error dari yahoo seperti ini

Error: “421 Message from (x.x.x.x) temporarily deferred – 4.16.50” when sending email to Yahoo

atau seperti ini

will be permanently deferred; Retrying will NOT succeed. See http://postmaster.yahoo.com/421-ts03.html

Apa Penyebab Email Anda ditangguhkan Yahoo?

Secara umum penyebab masalah ini adalah terdapat salah satu website terkena hack dan mengirimkan ratusan email ke yahoo dengan menggunakan fungsi php mail() dimana website tersebut berada di server yang sama dengan server email yang sedang anda gunakan.

Dengan pengiriman email dalam jumlah besar menggunakan php mail() tersebut maka secara otomatis yahoo meng-anggap bahwa server tersebut telah mendistribusikan spam sehingga mengakibatkan ip server sementara diblokir oleh yahoo.

Mengapa Hal ini bisa terjadi?

Di dalam lingkup layanan shared hosting seperti misalnya pada paket standard hosting dimana dalam 1 server akan terdapat ratusan website maka hal seperti ini tetap saja bisa terjadi, meskipun pusathosting telah membatasi email yang terkirim keluar.

Pusathosting tentu tidak mungkin mendisable fitur php mail() karena fitur tersebut digunakan oleh banyak script website.

Beberapa hal yang biasanya tim pusathosting lakukan adalah :

  1. Langsung mendisable/suspendsi website yang mengirim email massal ke yahoo
  2. Menemukan sumber masalah pada website tersebut untuk kemudian di infokan kepada pelanggan pemilik website
  3. Dan apabila websitenya menggunakan wordpress, biasanya kami secara langsung membantu membetulkan aktifitas spam tersebut
  4. Memonitoring RBL untuk IP server untuk memastikan ip server kami tidak terblacklist oleh RBL seperti spamhaus, junkmailfilter dll

 

Apa Solusinya Jika Server Hosting Saya terkena Deferred Yahoo?

Jika server hosting anda terkena masalah deferred email yahoo ini beberapa solusi yang bisa anda ambil adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan Jasa Layanan Paket Email Hosting
    Memisahkan server data script website dengan server email adalah cara yang tepat. Yaitu dengan menggunakan paket email hosting terpisah dimana paket email hosting tidak terdapat fitur php mail() seperti pada standard hosting sehingga tidak akan terjadi masalah deferred email yahoo
  2. Menggunakan Dedicated IP
    Jika anda ingin tetap memutuskan untuk menggunakan server yang sama, anda bisa memilih opsi dengan membeli dedicated IP sehingga ip address website dan email anda akan berbeda dengan ip address server utama
  3. Menunggu hingga proses deferred selesai,
    Biasanya sekitar 24 s/d 48 jam baru email dapat terkirim tapi jika lebih dari 48 jam masih tetap tidak bisa mengirim ya solusi terakhir anda bisa memilih menggunakan 2 solusi diatas.

 

Sejauh ini untuk masalah email yang di deferred oleh yahoo beberapa hal diatas adalah solusinya dan silahkan anda putuskan serta konsultasikan kepada tim kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What is 5 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)

 

Wordpress SEO Plugin by SEOPressor